23 August 2007

Jilbab=fashion?

Sudah lama saya ingin mengungkapkan ini, tapi saya ragu dan takut akan menimbulkan reaksi keras dari sampeyan semua. Tapi sepertinya sekarang saya harus menuliskannya di sini, tanpa bermaksud melecehkan, merendahkan atau menghina tapi untuk mendapat masukan dari anda sekalian.

Beberapa waktu yang lalu, saya nganter anak saya berenang. Di tengah perjalanan, ada mobil di belakang saya berusaha mendahului. Klakson dibunyikan berkali-kali. Saya menangkap kesan pengemudinya marah karena saya tidak memberinya jalan untuk mendahului. Sebenarnya saya bukan tidak mau memberinya jalan tapi keadaan jalan tidak memungkinkan. Setelah beberapa meter, mobil tadi berhasil menyalip, di depan saya sang sopir (ibu muda berjilbab) mengacungkan jari tengahnya ke luar jendela. Misuhi (memaki) saya. Saya kaget setangah mati. Tidak menyangka akan mendapatkan reaksi sekeras itu (karena saya tidak bermaksud menghambat laju kendaraannya). Anak saya ( kelas 1 SMP) yang melihat itu langsung emosi. Kejar, Ma, ngko tak pisuhi pisan. Jilbaban kok misuhan. Gak cocok blas, gitu kata anak saya.

Untung hati saya sedang bersih :P. Saya redam kemarahan anak saya. Tapi benak saya masih terganggu kalimat anak saya: jilbaban kok misuhan. Salahkan anak saya berkata begitu? Dia menuntut wanita berjilbab harusnya tidak mengucap kata2 kasar. Untung baru 1 yang dia tahu. Berjilbab tapi tidak keberatan mengucap: fak yu. Bagaimana kalau dia tahu kalau ternyata di luar sana ada yang lebih parah (saya ndak usah sebutkan di sini). Untung juga dia tidak bertanya lagi, jadi saya ngga bingung menjelaskannya. Tapi saya merasa harus meluruskan dan saya ingin mendapat masukan dari anda sekalian.

Masih ingat film Catatan Si Boy? Tokoh film yang booming thn 86-an itu sempat menjadi idol anak-anak muda di jaman itu. Ganteng, kaya, digandrungi cewek2 dan...alim. Solat iya tapi cipokan juga okeeehhhh. Dan untuk menggambarkan kealimannya di mobilnya selalu ada tasbih yg digantung di spion dalam. Seperti itukah gambaran pria alim metropolitan? Sama seperti wanita berjilbab metropolitan yang nyante aja tidur dengan suami orang, apalagi cuma bilang fak yu.

Saya kagum pada Novia Kolopaking yang tidak serta merta menutup kepalanya dengan jilbab meski dia menikah dengan seorang kyai kondang. Dia tidak lantas berganti gaya berpakaian hanya untuk memenuhi tuntutan penggemarnya. Karena jilbab memang bukan hanya sekedar menutup aurat saja. Ada konsekuensi yang mengikutinya supaya tidak ada keutuhan antara penampilan dan perilaku. Ibarat lagu, harus ada harmoni antara musik dan lagunya supaya nadanya tidak sumbang.

Meski tidak ada larangan seorang dengan tubuh penuh tato, lidah dan hidung di piercing, rambut dipilin ala Bob Marley sholat jumat di mesjid (anggap saja preman tobat) tapi apakah anda yakin tidak bertanya2? Ngga salah nih? Begitu juga sebaliknya. Pake jilbab tapi doyan selingkuh. Ngga salah nih? Lalu dia anggap apa jilbabnya itu? Rambut kepala ditutupi tapi rambut yg lain malah di ler. Jadi gimana nih? Masih setuju pakaian dan perilaku gak ada hubungannya.

Saya tidak sekeras Gadis Arivia ato Nawal El Saadawi soal jilbab. Tapi bagi saya jilbab dan kebiasaan misuh atau selingkuh atau hal-hal negatif lainnya jelas bertentangan. Memang betul kata mbah ini bahwa memakai jilbab itu sebuah kewajiban bagi muslimah dan kewajiban harus dilaksanakan. Tapi kok saya ngga setuju kalau dikatakan ngga ada hubungannya antara jilbab dan kebiasaan yang bertentangan dgnnya. Duh gimana ya cara ngomongnya. Saya ngga tahu banyak soal agama. Saya menjadi muslim karena orang tua saya muslim. Saya solat karena Dia memerintahkan begitu. Keimanan saya masih rendah. Pengetahuan saya juga sangat dangkal. Saya tidak layak menggugat soal jilbab. Tapi kejadian bersama anak saya itu membuat saya prihatin, ah bukan..bukan prihatin…marah… ya… yaa.. mungkin itu lebih tepat atau… kecewa… ya K E C E W A. Saya kecewa bukan karena saya tidak bisa membalas makiannya tapi saya kecewa karena perempuan itu memakai jilbab hanya untuk alasan fashion saja. Mudah2an saya keliru. Tapi yang jelas dia selangkah lebih baik daripada saya. Dia berjilbab dan saya belum.

44 comments:

imyyuut said...

Wehehehe....
mangkane Bu Dhe ndak pake jilbab... wong senengane sik misuhan.. :p.. ojo2 malah seneng slingkuhan..;))hihihi...

Bangsari said...

waduh, aku yo durung jilbaban je bude...

lady said...

wah... nyentil saya nih... :P

bukan sih, bukan artinya saya spt fenomena fashionnya yg bude umbar di atas (sedih saya... hiks), tp kesentil spy saya lbh hati2 dalam bersikap. gitoe...

*semoga Allah melindungi saya dari godaan syaiton yang terkutuk... amin*

langit said...

kembali ke pepatah jawa mungkin yah,ajining diri ono ing lati,ajining rogo ono ing busono.

isi buku tidak bisa dinilai dari sampulnya bukan mbak :)

diditjogja said...

Tapi yang jelas dia selangkah lebih baik daripada saya. Dia berjilbab dan saya belum.

weh! masak iya?!
saya juga boleh menilai dong, kalo jilbab gak selamanya nutupin semuanya
:)

*jigur! sok serius banged aku ki...*

[ew] said...

yaelaah mba, jilbab kuwi dah jadi fashion. jadi sekarang klo ada yg make jilbab, liat-liat dulu, karena fashion atau tuntutan agama.

kalau emg fashion ya wajar kayak yg mba dena temui itu. gsah dibawa marah lah kembali ke sifat manusianya. jangankan yg berjilbab lha yg udah naek haji aja kadang ngga karuan.

yang penting kan awake dhewe kuwi piye, wis rumongso nggenah opo podo edane :D

omith said...

ini tanda2 na budhe maO mpake jilbab kah...?? heueeuueu..:P

lebih keren kalo ndak make jilbab tp kelakuane wanita muslimah..

[gubraks]

anonim wae said...

catatan si boy?waduh..iku pilem jaman kapan?wah..wis tuwir sampeyan tibaknya..hihihihi

kw said...

waduh serius tenan iki postingane. tentang jilbab, misuh dan agama.

dan itu semua bisa jadi cuma "fashion". tak perlulah mbak dena kecewa, biasa aja lagi!

:)

mbah dipo said...

siapapun bisa maksiat, baik yg jilbaban, cadaran, bikinian ataupun blangkonan. Karena setan menggoda semua kalangan...

Jadi... kapan bude mau jilbaban?

de said...

@imyuut: selingkuh karo sapi??
@bangsari: tak tukokno po?
@Lady: amiinn
@langit: lebih baek emang sampul dan isinya sama supaya gak ada kesan menipu (halah)
@pitik: tuwek tapi wes payu. timbang tuwek gak payu-payu :D
@kw: sik ngganjel ki nang atiku hehe
@mbah: jilbaban?? wah dadi isin ki aku :P. mengko mbah nek wes entuk hidayah :D

brondongcakep said...

Mbak, mesti dipisahkan. seorang muslim dgn ajaran Islam itu sendiri. Ajaran islam itu sendiri mulia dan menebar sayang sesama, jadi ndak misuh2. Tapi kemampuan seorang muslim utk melaksanakan ajaran itu sendiri berbeda-beda. jadi mestinya ketika seorang melakukan kesalahan, yg justru kita judge mesti ke personal bukan ke Islam atau jilbabnya.

Jadi Mbak, jgn ragu utk berjilbab :), karena semua akan dinilai dari hati bkn fashion.

ken_yut said...

wah serius postingane, gak komen ah durung jilbab an je.

klo disini udah jadi kebudayaan malah, abis nikah biasanya pake jilbab.
(lha kog komentar jg...)

Innuendo said...

aku pernah nulis dikit sih ttg jilbab, tapi gak sekeras ini hihihihi...

saat aku supply catering di batam, staff officenya minta komisi dan hrs tiap bulan. pas aku ketemu, halah dua2xnya jilbaban. langsung gak respek.

pernah juga di atm di mall di batam, seorang cewek jilbab memaki maki seseorang gara2x diketuk kacanya karena dia lama banget. gila, kata2xnya gak pantes banget.

dalam hati aku bingung juga, apa yg mendasari mereka berjilbab. apa yg ada didalam pikiran mereka saat memutuskan berjilbab. tetangga abangku di batam, jilbaban tapi hamil diluar nikah....

danudoank said...

jilbab gaul bu namanya kale yak. seringkali saya nemuin juga wanita2 muda yg berjilbab dg jins ketat dipadu kaos yg sama ketatnya. mo negur ya bukan sudara, temen jg bukan, tetangga bukan juga. ditegur nanti bisa2 malah marah kali dan jari tengahnya bisa mengacung juga. mestinya, barangkali loh, jilbab yg dipake bisa buat ngingetin agar kelakuan selaras dengan busana. wallahualam bi' shawab

endang said...

memang sih bisa aja dibilang jgn liat dr sampulnya, atau mesti membedakan antara personal dan jilbab atau apalah dalihnya....tp melihat org berjilbab kita merasa ingin melihat segala yg pantas dilakukan seorang muslimah yg baik. Dgn begitu, kita jg menjaga agama kita spy tdk dihina agama / org lain sbg org2 munafik. Kalau berjilbab tp kelakuannya tdk spt yg diharapkan, kan malah mempermalukan dan menodai agama Islam itu sendiri....
wah, ngomongin gini bisa gak abis2 deeeh....

de said...

@didit: jilbab mmg cuma untuk nutupin kepala le..
@edy:yo iku sing angel. aku sik rung nggenah jeee :D
@omith:keren lagi kalo berjilbab dan berkelakuan muslimah (halah)
@brondong: iya setuju
@kenny:lha sampeyan, kapan jilbaban :D
@dian: ah kalo elo sih bukan krn itu alesan ga pake jilbab. lo takut diuber2 polisi kan? takut dikira bibinya Osama hehehe
@danu: iya ya mas, pinginnya sih begitu
@endang: iya ngga bakalan selese ngomong beginian. ya udah jagadiri masing2 lah. Allah Maha Tahu..

Si Jagoan Makan said...

Lha itu..bener-bener..kadang lek wis jilbab'an wis percoyo banget. Kalau org tersebut baik ,alim. Padahal... ??? *ngga berani nerusin

ichal said...

fashion or gak,,, jangan disimpulkan dulu!!!

tetap menilai dari kepribadian bukan pakaian,,,, setuju kan???

DenaDena said...

@mendol: awake gede kok wedian
@ichal:dadi kesimpulan sementarane piye?

Innuendo said...

barusan baca di koran, orang iran diira teroris. akibat salah tuduh itu, dia dikasi kompensasi $ 250,000.00

gue mau kok dituduh hihihi

danny said...

hadow... MISUH
Suroboyo bangetz
[jgn2 mbakyu iku mantan ning Suroboyo taun pirooo ngono????]

wkurniawan said...

"misuhan" tak kiro "wisuhan",
nah inilah yang disebut jangan menilai orang dari bungkusnya, jangan juga heran kok aku iki ganteng tapi ndeso... haha...

Kinoy said...

melok rame-rame. jilbab bukan jaminan mutu kok tentang kepribadian/keimanan seseorang. nek aku luwih percoyo nek jilbab adalah fashion. kalau dibarengi akhlak yang mulia, yo sukur, nek enggak, lha namanya juga fashion kok.. mariiii

de said...

@dian:dasarrrr :))
@dany:mantan ning misuh
@gak tau adus kok ngaku ganteng..:D
@kinoy: setubuuuuuu...hh

prasetyo said...

Salam kenal BuDhe....

Masalah jilbab aku kadit kelom-kelom ae....

seng penting..kenalan rumiyin kaleh njenengan.

amethys said...

den...den...aku jadi ingat pesan ibuku (beliau hajjah looh), gini den...tutupilah hatimu dulu sebelum engkau menutupi rambutmu....sayang kayane nang Indonesia kui saiki "jilbab" adalah trend, malah kaya nutupi borok...(tapi yg bener2 nutupi hati dan auratnya ya banyak)...aku sendiri blom mampu nutupi hatiku dengan benar, jadi ya malu untuk jilbaban.

mitora in life said...

hmm, postingannya kena banget di aku :P

^_^, hhuuff..., emang sih jilbab di era skg udah bukan jaminan apa2.

hmmm....

btw, lam kenaaal... ^_^

de said...

@prasetyo: salam kenal juga
@amethys: iyo, aku yo rung jilbaban ki... kapan tobate nek gak siap terus hehehe. selak mateeekk :D
@mitora: masak sih? Maaf deh hehehe..Salam kenal juga..

Larasati said...

Jare pak guru ngajiku, jangan menilai buruk terhadap orang tidak berjilbab. Jare mbok De rung mesti wong jilbaban pasti sip luar dalam...
Aku yo masih gundulan blom berjilbab tapi suatu saat nanti...InsyaAllah..
*wih aku serius...horeee...*

T A T A R I said...

iya ya..jilbaban kok misuhan?!
emang pake jilbab gak jaminan alim luar dalem

http://bahtiar.web.id said...

uyak wae ...

trus plotrok'ke ...

lady said...

makin seru nih...
tapii... koment2nya kok seakan menghujat jilbabnya ya... :(

setuju apa kata simbah:
siapapun bisa maksiat, baik yg jilbaban, cadaran, bikinian ataupun blangkonan. Karena setan menggoda semua kalangan...

krn jilbab itu sama halnya dg baju, baju wajib perempuan islam. kekuatan iman itu penting buat siapa aja, baik yg berjilbab ato blm.

lha kok jd byk omong nih :P
mohon maaf bila kalimat saya sok pinter, sekedar opini boleh tho bude? :)

bila ada kesalahan itu dr saya sbg manusia, tp kebenaran hanya milik ALLAH SWT. wallahua'lam bishawab...

Ndoro Seten said...

Itulah.....

Pinkina said...

huehuehue.....ate posoan postingane smpyn kok serius ngene budhe huehue :D aku jilbaban tp yho gak sing lebar2 banget, sholat yho tetep ping 5 sedino, tetep gak isok nggawe rok,kelakuan yho ngene2 ae, kadang nek kuuueeepeeekkksooo yho isih misuhan(*nang njero ati,maklumlah mantan preman),dadi ra wani komen macem2 aku...hihiihi...
Nek menurutku yho wong jilbaban iku gak isok digeneralisir apik kabeh or elek kabeh, tergantung pribadi masing2, urusane masing2.....nang Jakarta kene sing kyk ngunu wes wakehhh budhe.....wes gak kaget..
/*mugo2 bojoku ra moco komen iki, amin.

DenaDena said...

@ lady: setuju banget.
@ ndoro seten : inilah...
@ vivink: sip. setubuh...

elly.s said...

*saya pernah baca kata2 ini...
kalau ada 2 perempuan pelacur yg satu pake jilbab n yg satu nggak yg pake jilbab pasti lebih disayang tuhan...

*saya tersentuh juga dgn kata2 paling enggak dia selangkah lebih baik dari saya..

*dibumi arab sana ya pelacur ya maling ya jilbaban...
Yang penting diubah dulu benak kita bahwa orang jilbaban mesti bener

* dimalaysia sini org melayu jilbaban lebih ancur lagi...sedih dih..dih..Mereka menganggap kerudung mereka itu sebagai pengumuman bahwa "saya ini melayu" kelakuan bukan masalah.

* ya benar jilbab itu wajib bagi wanita muslim...tapi yg belum mau mengenakannya gak ada paksaan..resiko ditanggung masing2..

* saya suka nyanyi dipesta2 atau acara2 suami.Suatau hari anak saya berkata.."bunda kata ustadz suara wanita itu adalah aurat. perempuan gak boleh memamerkan suaranya didepan umum". bagisaya jawabannya mudah saja....apa yg anak saya katakan memang benar tapi keimanan dan keteguhan saya belum sampe kesitu..wong hobi kopdar n kumpul2 mesti ada karaoke..yg penting sama suami n suami mengizinkan"

*Akhirnya kembali kepribadian masing2...semoga ibu yg bude ketemu tiu diberi kesadaran....hmhmh..memang kadang sedih ..semua jadi kena getahnya....

DenaDena said...

@ Ely: saya setuju. sebenernya saya hanya ingin menyatakan ketidak setujuan saya thd orang2 yg selalu menilai dari penampilan fisik (yg berjilbab selalu lebih baik), secara aku belum berjilbab getoooo. Allah Maha tahu. Terimakasih komennya. Mudah2an kita semua selalu dijalan-Nya.

Luthfi said...

no komen deh

Dew said...

Wuih... astaghfirullah...

Dakuw juga jilbabab dan suka misuh,
tapi paling banter ya... sayur aseeem!

Semoga Allah mengampuni kita, amin. :D

fitri said...

Ada satu pertanyaan di kepala saya. Apa kalo yang misuh itu tidak berjilbab, jadi tidak masalah?

Apa karena berjilbab maka sesuatu hal 'salah' yang dilakukan seakan-akan kadarnya lebih tinggi dari yang tidak berjilbab.

Anna said...

jangakn di kait2kan masalah jilbab dan misuhan /selingkuh...itu tergantung pribadinya masing2...yang pasti wanita dengan dia menutup Ayratnya itu sudah lebih baik di mata Allah...

Anonymous said...

assalamualaikum
setuju ma brondongcakep.,,,
setiap personal berbeda2, seMua oRan9 setUju.
karna kita di Indonesia yg kebanyakn mengartikan JILBaB tuh sesuatu yg ,,,, saklaR (sampe2 mo pake jilbab sj adalah suatu kePutusaN besaR dlm hiDup, jd mesti berpikir matan92, hRs bener2 siaP, mgkin malah ada yg mesti beRtapa berHari2 dl, hfff... kpaN makex? syaitan menang trus ntar).
tp klO mba tinggal / hiDup di asia timur sana. pasti g ada pemikiRan sperti itu. mereka pakai jilbab kerna emang sdh bgt kehidupan wanita seharusnya.
mba punya tantangan utk ngejelasin ma anakx, jgn biaRkn syaitan menggunakan tantangn itu.
sy jg perna punya kepikiRan sperti itu, tp alhamdulillah setelah pake ,,, oRang tdk perlu tanya lg. agama? Jilbab itu indentitas, I am Moslem. lebih sering diDoakn orang dgn "assalamualaikum" kita jg mendoakan dpt pahala dgn menjwab salamx. Subhanallah

Bunda Iqbalya said...

Ibu yang baik, salam kenal :)
Saya senang dan berterima kasih krn sudah membuat tulisan ini sehingga kami-kami yang berjilbab bisa lbh mawas diri.
Yang mungkin bisa saya katakan perempuan yang berjilbab itu bukan dewa (makhluk sempurna) tapi adalah manusia yang sebetulnya juga lagi belajar untuk menjalankan apa yang disukai oleh Tuhannya :). Oleh karena itu, kita bisa juga salah. Tapi juga bukan berarti saya setuju jika berjilbab hanya dijadikan fashion lhooo atau berjilbab terus bisa selingkuh. Itu jelas salah ! Intinya, ibu jangan merasa bahwa ibu blm berjilbab maka ibu tidak berhak untuk menasehati kami-kami yang sudah berjilbab. Tapi ibu berhak dan harus tetap mengingatkan kami untuk tetap berpegang teguh untuk senantiasa memperbaiki diri. Paling tidak dgn pengalaman ibu di atas, bhw jika ibu atau anak ibu mendapat hidayah untuk memakai jilbab nanti, ibu harus lebih baik dr wanita berjilbab yang diceritakan oleh ibu. :)