14 February 2007

Coto de Kikil

Berbekal pengetahuan bisnis yang –menurut saya- sudah ndak kalah ama Hermawan Kartajaya, 2 tahun lalu saya mencoba-coba membuka lapangan kerja. Buka warung. Yang dijual? Soto kikil bikinan mama tercintah. Ide ini bukan murni ide saya, tapi ide teman2 yang mengaku kalo soto kikil bikinan mama saya katanya weenak banget.

Modal saya waktu itu cuma uang sekitar 5 jutaan dan sedikit pengetahuan tentang 4P (Place, Product, Price, Promotion, mbuh urutane bener opo ndak). Dengan gagah saya langsung ke P yang pertama. Nyari tempat. Dapet. Warungnya kecil, ukuran 3 kali 3. Setelah renovasi sana-sini dengan berbagai pertimbangan bisnis macem-macem, bahkan soal warna pun dibahas secara detil, bagaimana supaya eye catching, berkesan bersih dll., dsb.

Lalu ke P yang ke dua. Product. Hubungin mama, njelasin sistim kerjanya. Soal tanggung jawabnya dan segala macem. Dasar doyan masak, doi seneng-seneng aja, asal ada yang bantu katanya. Beres, Ma!

P yang ketiga. Masih melibatkan mama, karena dia yang tahu cost untuk membuat sepanci soto kikil. Akhirnya sepakat harga permangkok dijual Rp. 5000, soalnya melayani pegawai negri yang lokasi kantornya di sekitar warung.

Nah sekarang P yang ke 4. Pesan neon sign dan spanduk. Wah pokoknya waktu semangat kita 45 banget dah. Terbayang sukses di depan mata. Soalnya kita buka warung pake ilmunya Hermawan Kartajaya (maaf cuma nama ini yg saya kenal he..he..). Terus terang waktu itu kita agak memandang sebelah mata pada warung-warung yang lebih dulu ada: Soto Cak Miskun, Kikil Wak Jo, Warung Yu Mi, Nasi Goreng Cak To dll. Saya merasa bisnis warung saya lebih well prepared. Sampe di tahap ini saya dan suami sibuk banget dah pokoknya, pulang kerja, di sela2 kerja selalu ngomongin soal warung. Anak-anak sampe bingung. Si sulung juga sempet nanya,

Sulung: Ma, Papa mau brenti kerja tah?
Aku : Iya, kenapa? (tak buju’i de’e)
Sulung: Trus mau jualan kikil tah?
Aku : Iya.
Sulung: Halah Maaa. Trus aku gimana?
Aku : Apanya yang gimana?
Sulung: Aku kan malu. (dia sangat bangga pada profesi papanya yang wartawan meski cuma koran lokal. Apalagi kalo poto papanya muncul di koran, dia seneng banget)
Aku : Kenapa?
Sulung: Nanti kalo ngisi formulir aku nulisnya gimana? Mosok penjual kikil, kan malu Ma.. (dasar anak-anak, dari pada jadi wartawan bodrek alias wartawan amplop kan masih terhormat jadi penjual kikil toh, Leee)

Akhirnya tibalah saat soft opening warung. Sebar-sebar leaflet alias selebaran potokpian lengkap dengan potongan kupon beli 2 gratis satu, saya lakukan, dengan mengerahkan tenaga suami dan saya sendiri, serta satu orang gajian (wwuiiih nggethu yoooo..hahahaha. Jadi pingin ketawa kalo inget waktu itu). Teman-teman yang sebelumnya sudah saya undang lewat SMS mulai datang. Lumayan lah, warung jadi semarak. Kayaknya rame gitu, padahal mereka cuman undangan yang makannya gratis ha..ha.. tapi ndak pa-pa lah, kan memang memang harus ada ongkos promosi, ato apa lah namanya.

Hari kedua, ketiga masih bertahan, meskipun dagangan ngga selalu habis. Hari ke 4 mama mulai mengurangi produksi. Dari yang sepanci gede jadi sepanci kecil. Yang jaga warung mulai ngeluh2, katanya ngantuk jaga warung, soalnya yang beli jarang2. Aku yo heran, wong kikil wenak ngene kok ra eneng sing tuku toh? Ada sih yg beli tapi mereka bukan repetitive buyer. Mungkin mereka baru balik lagi seminggu atau 2 minggu atau bisa saja sebulan kemudian.

Lha terus selama menunggu mereka kembali, siapa yang akan beli. Mosok aku terus2an berdiri di lampu merah mbagi-bagi selebaran. Emang ndak ada kerjaan laen. Plis deeeeh. Akhirnya saya baru sadar, orang-orang seperti Cak Miskun Yu Mi dan Cak To dan Wak Jo dkk itu lebih tough dari saya. Mereka mencurahkan seluruh pikirannya hanya untuk warungnya, jadi mereka akan berusaha sampai titik darah penghabisan untuk mempertahankan warungnya. Sementara saya, buka warung cuma untuk gagah-gagahan eksperimen sambil memamerkan mempraktekkan ilmu marketing dan bisnis saya yang ndak seberapa itu. Akhirnya genap satu bulan setelah soft opening, tepatnya sehari setelah saya memenuhi pesanan untuk sebuah acara di sebuah kantor di sekitar warung saya, warung soto kikil saya tutup.

Saya lalu mencoba merenung mencari penyebab lain kegagalan saya, selain karena kuran total. Akhirnya saya temukan jawabannya. Saya berbisnis bukan murni ingin membuka peluang kerja, tapi ingin mengeruk untung sebanyak2nya. Karena dari beberapa teman, saya tahu berjualan makanan bisa mendapat laba 100% lebih. Tuhan memang sudah menakar rejeki untuk masing-masing umatNya. Dan saya merasa beruntung telah diingatkanNya untuk tidak serakah *sok-wise-mode-on*.

Dengan terpaksa saya mengembalikan pegawai saya yg cuma 1 orang ke profesi aslinya, pengangguran. Yaaahh memang saya ndak ditakdirkan jadi wiraswastawati kali. Nasiiiib jadi orang gajian teruuuussssss… Salut buat pedagang kaki lima yang kucing-kucingan sama kamtib. Maju terus pantang mundur!!

23 comments:

endik said...

dodolan sing ora lumrah wae.. ora ono saingane,

pecel tongkol, sego goreng kucing, rica rica singo, ect

jajalo dhe

Anonymous said...

wah budhe hebat, sudah berani memulai. ayo dimulai lagi budhe!

Abah Ruli said...

Weleh..weleh..hebat banget bude sdh coba buka warung apalagi memakai concept marketing Mix(product,price,place & promotion)
beberapa Point yg patut di pertimbangkan:
1. tidak salah mengeruk untuk sebesar2nya karena itulah konsep dagang "mencari profit sebesar2nya dengan menekan pengeluaran sekecil2nya" tetapi memakai jalan yg halal. Nah yg perlu dilakukan selajutnya adalah megunakan keuntungan tsb (bila ada) untuk kemakmuran umatnya.

2. konsep "aku bukan ahli wiraswasta atau pengusaha" adalah salah, karena intinya menjadi pengusaha bisa dilatih (tengok orang2 cina mereka sdh terlibat berdagang sejak masih kecil)

3.segera bangkit untuk berdagang lagi...latih dan latih....pantang menyerah spt jiwa para PKL tsb.

btw abah juga sdh coba buka usaha kecil kecilan (warnet, rental)hasilnya yach kaga jauh jauh amat nasibnya ama bude kaga laku..laku...akhirnya bangkut juga back to basic jadi karyawan kantoran juga...he..he....

Anonymous said...

kuwi sing kurang cuman "dukun'ane" ... coba kalo melibatkan mak erot... ehh salah ding.. maksudku melibatkan dukun santet dan dukun beranak (kombinasi)... mesti langsung laris... coba dong... :p

Anonymous said...

wah mbake sama nih, kalo saya dulu juga pernah buka warung batagor tapi strategine pake 1 (satu) N, yoiku NEKAD...! dan akhirnya nekat tutup juga pas bulan ke 8 hehehe...

iya lo mbak,ternyata pedagang makanan itu orang-orang yang bener2 handal, tangguh dan heibatt. Asli ga seperti pedagang yang lain, apa lagi pedagang proyekan kaya saya sekarang ni...Serupiah demi serupiah betah amat ya...??

Mas Hery said...

tadinya mau kelakaran jawabnya, begitu baca komentarnya abah ruli jadi ga tega, ketauan begonya hihihih...

yang penting ada hikmahnya, sapa tau setelah ini ada rencana dengan ide cemerlang yang lebih matang bude...maju perut pantat mundurrr......

Anonymous said...

Sluurruubb pengen mkan coto kikilnya bu De .

kirimin dong bu de Via Ym atau via blog atau lewat shoutbox nya heuhehe atau boleh juga di attachment lewat email kekeke

Anonymous said...

omong omong apa semua wordpress bude gak bisa buka atau cuma sebagian ajah gak isa buka :) soalnya di aku dak ada masalh tuh dengan wp sehat sehat ajah dianya :)

coba dari comment dos nya windows bude lakuin
klik tombol START --->> Run --- > CMD

di comment dos itu bude ketikkan

tracert wordpress.com baru tekan ENTER
kalau muncul seperti ini berarti conneksi keluar jaringan bude normal melintasi isp

Microsoft Windows XP [Version 5.1.2600]
(C) Copyright 1985-2001 Microsoft Corp.

C:\Documents and Settings\mentari>tracert wordpress.com

Tracing route to wordpress.com [207.7.108.232]
over a maximum of 30 hops:

1 <1 ms <1 ms <1 ms 192.168.0.1
2 58 ms 19 ms 17 ms 124.195.18.1
3 16 ms 43 ms 15 ms 202.152.175.181
4 42 ms 47 ms 39 ms so-0-1-0.p3.jkt.ipbb.indosat.com [202.93.41.105]

5 215 ms 215 ms 241 ms POS1/1.IG2.SAC1.ALTER.NET [157.130.195.13]
6 228 ms 225 ms 235 ms 0.so-1-0-0.XL1.SAC1.ALTER.NET [152.63.54.114]
7 222 ms 219 ms 561 ms 0.so-3-0-0.XL1.SCL2.ALTER.NET [152.63.48.90]
8 525 ms * 261 ms 0.so-6-0-0.BR1.SCL2.ALTER.NET [152.63.57.49]
9 243 ms 316 ms 238 ms so-3-0-0.edge1.SanJose1.Level3.net [4.68.110.141
]
10 574 ms 554 ms 265 ms so-1-2-0.bbr1.SanJose1.Level3.net [209.244.3.137
]
11 294 ms 257 ms 250 ms as-2-0.mp2.SanDiego1.Level3.net [64.159.1.138]
12 * 401 ms 244 ms so-8-0.hsa2.SanDiego1.Level3.net [4.68.112.138]

13 246 ms 255 ms * sd-gw01-hsa2.nextlevelinternet.com [4.79.33.246]

14 261 ms 246 ms 268 ms 207-7-108-232.revdns.textdrive.com [207.7.108.23
2]

Trace complete.

Kalau bertanda bintang bintang mulai dari bari kedua kemungkinan ISP mendrop semua replay ke domain wordpress.com n kalo bisa konsultasi ajah ke ispnya :) hehehe

kalo semua berjalan normal meski ada 1 atau 2 tanda bintang (*) tapi tetap gak bisa di buka kemungkinan di komputer bude ter blog firewall anti virus atau segala macamnya

tau mungkin isp yang bude lagi DOWN bisa juga :) banyak kemungkinannya

kalo ada salah salah kata mohon maaf mohon di correcsi dan di benarkan karena Unsecure juga masih NEWbie banget..Ada yang mau nambahin gak yah ...!! tantan WP yang gak bisa di buka oleh BU De kita

Anonymous said...

halah...durung nyoba kikil e kog wes nyerah ngunu.
makane yen pas jogo warung nganggo sing seksi yu :D

Anonymous said...

lo kok gunawan panjang bener tulisannya, konsultasi blog ya? hehe..

pengen sekali-sekali nyicip coto de kikilnya? :P

Anonymous said...

@kenny...setubuhhh..eh setujuh..sing jogo warung kudune seksi, koyo neng gambar majalah pleboi kae lho..

Anonymous said...

Tadi waktu masih baca, dan selum selesai saya kira Budhe sudah sukses dan mengantongi keuntugan yang sangat besar, ngk taunya begitu ending eee alah, gagal maning....

Satu ilmu yang saya dapatkan dari tulisan di atas, 4P.

Makasih Dhe

nb: kok saya lihat di list friends budhe, nggak ada nama saya ya (pasang dong, he he he)

mpokb said...

keberanian untuk mulai sudah hebat mbak. bahkan hermawan kartajaya rasanya belum pernah jualan apa2 selain berteori, hehehe... :P

Anonymous said...

Dhe, mungkin yang nunggu warung kurang attractive? ;-)
Tapi sumpe deh, salut banget! Aku sudah lama pengen nyoba juga, tapi baru berani ngimpi sama bolak balik bikin bisnis plan nya thok. He3 :-p

Anonymous said...

Kayaknya bagus kalau buku "Gagal Berbisnis". Nggak cuma cerita sukses aja (yang kayaknya lempeng dan gampang banget). Thanks udah berbagi cerita (kegagalan) Mbak.

Anonymous said...

Waduh, jadi mikir2 aku mau buka warung, padahal aku rencana mau bikin warung gulai kambing. Bayar SPG larang yo, kanggo promosi..dadi pusing aku

elly.s said...

dear budhe: ha ha ha lucu dan mengharukan budhe...
Buat nanti pegangan kalo mau buka usaha. Brw budhe kalo niatnya bukannya nyari untung lalu apa dong?

just Endang said...

rumusnya kurang satu P nya kayaknya...Pantang menyerah! buka lagi ajah....

Anonymous said...

harganya berapa e satu porsinya... nanti kalau ke sby mata mampir ya

Anonymous said...

wah kurang tahan banting tuh. baru sebulan udah mudur teratur. temenku selama setahun pindah lokasi 3 kali. baru deh tempat yang sekarang sudah lumayan.

Anonymous said...

waduh....bagaimana nasib warung baso saya ya jeng....
mungkin atas dasar pengalaman budhe, sy kudu lebih semangad kali yaa....

tapi....salud buat usaha nya budhe,
yg penting niat nya itu kali ya

spt biasa ga bs login pake blogger...hiks
http://nila-nila.blogspot.com

Larasati said...

menurutku juga kurang 1 P bude...harusnya maen ..PaKsA!!
Maksudnya pejalan kaki diseret masuk warung trus dipaksa njajan soto ...:P

Anonymous said...

lho, warung tutup bukan berarti bisnis mati lho mbak.

itu cerita order terakhir untuk kantor kan bisa jadi pemicu nggeser bisnis warung jadi catering ;) kalo gini justru bisa ngirit biaya operasional = biaya sewa tempat makan bisa dipotong, sekaligus ongkos jasa pelayannya. tinggal perlu dapur aja buat masak kikil.

selebihnya potongan biaya tadi bisa digeser untuk urusan promosi, buat ongkos telpon2 relasi misale. lha blog ini lak juga bisa jadi medium promosi pisan toh? bahkan biaya promosi via internet bisa jauh lebih murah, hampir nol rupiah. koyok iki misale: http://mimimama.blogspot.com/2006/07/depot-ampel-kembang.html