27 April 2007

Piau; piao; piaw

Untuk orang yang tidak bisa disiplin dalam mengelola keuangan seperti saya, menyimpan uang dalam bentuk tabungan bukan pilihan tepat. Kemudahan menarik kapan dana kapan saja justru menjadi ancaman buat saya. Pilihan menyimpan dana -yang tidak seberapa ini- akhirnya jatuh pada asuransi, tabungan berjangka atau arisan! Arisannya bermacam-macam, mulai dari yang cuma 25 ribuan sampe yang sejuta perbulan saya ikuti.

+: wah duite akeh men hehehehe
=: jangan salah, duit itu termasuk jatah belanja jugak. Makanya jangan heran kalo menu hariannya cuma tempe, tahu ama krupuk ha..ha..


Dari sekian banyak arisan ada satu arisan yang menurut saya paling menguntungkan. Namanya arisan Piau/piao/piaw. Umumnya pesertanya adalah etnis cina.

Begini ilustrasinya:
Katakan dalam satu kelompok terdapat 10 anggota. Masing-masing anggota wajib menyetor sejumlah uang sesuai yang telah disepakati bersama. Sebut saja 1 juta. Seperti lazimnya orang yang ikut arisan, semuanya pasti ingin menjadi orang pertama yg narik arisannya, nah disinilah bedanya arisan Piau dengan arisan2 lain. Setiap orang bisa menjadi orang kedua yg narik (kesempatan narik pertama biasanya jadi hak ketua). Tapi tentu saja ada harga yang harus dibayar.

Mereka harus 'membeli' kesempatan itu dengan cara memasukkan sejumlah uang dalam amplop (nge-piau). Jumlahnya hanya diketahui oleh yang bersangkutan. Jumlah uang dalam amplop ini menandakan kesediaan ybs mengurangi jumlah uang yg harus dibayarkan anggota arisan ain sejumlah uang di dalam ampop.

Bingung ya?

Begini: misalnya A memasukkan uang 50 ribu dalam amplop, dan jumlah itu adalah yang terbesar diantara amplop2 lainnya. Berarti A adalah pemenang. Dia akan mendapatkan kesempatan narik di bulan itu, dengan catatan, peserta lain hanya membayar 950 ribu rupiah (1 juta-50 ribu). Jadi total dia hanya mendapat 9,5 juta. Setelah pemenang diketahui, uang dalam amplop kemudian dikembalikan pada pemiliknya. Permainan ini bisa berulang di bulan-bulan berikutnya. Siapapun bisa narik duluan asal dia mau nge-piau. Tapi biasanya jumlah piau semakin lama semakin kecil.

Lalu bagaimana kewajiban peserta yang narik pertama dan hanya mendapat 9,5 juta? Dia tetap harus membayar penuh 1 juta perbulan, meskipun di bulan-bulan berikutnya ada peserta lain yang nge-piau, karena peserta yang sudah pernah nge-piau tidak berhak atas pengurangan itu.

Arisan model ini enak, karena
  1. Pesertanya tidak harus berkumpul tiap bulan. Uang bisa ditransfer setelah ketua mengabari -lewat telpon atau sms- pada semua peserta.
  2. Peserta yang nge-piau pun tidak merasa rugi meski dia tidak mendapatkan utuh 10 juta, karena dia bisa mendapatkan 'pinjaman' uang dengan cepat dan 'bunga' nya (jml piau) dia sendiri yg menentukan.
  3. Peserta yang tidak pernah nge-piau pun tidak merasa dirugikan, karena meski dia narik belakangan, jumlah yang dia bayarkan tidak sampai 10 juta sementara dia mendapatkan utuh 10 juta di akhir periode.
Yen ngoten, pripun, Mbah

29 comments:

Anonymous said...

huh....gak minat dari dulu arisan..!!
apa karna sy cowok?

Anonymous said...

saya ikut arisan ibu-ibu seRT dan ga pernah dateng tuh. Termasuk Piau/piao/piaw ga?

Anonymous said...

duitmu akeh men to bulik...mbok aku diutangi...ojo ditumpuk wae...mengko tambah sugih lho..

Unknown said...

dari dulu saya males ikutan arisan apapun, ndak mbayar

Anonymous said...

duit sampeyan titipno aku ae, dijamin entek :D

Anonymous said...

walah gak mudeng...aku gak tahu tertarik arisan ki

Bangsari said...

lham, sisa duitnya (piauw) itu dikemanain? masa dimakan panitia?

NiLA Obsidian said...

kekekekeke......arisan yang aneh....

just Endang said...

he eh, arisan yg aneh...tp wong aku gak pernah tertarik arisan siiih...

Anonymous said...

maimang kawan2 kita van Tjina paling bole bikin ini maen top ! Arisan iaitoe satoe bentoek maen top iang paling sederhana ....

Anonymous said...

Ning duwite lanang po wadon to Mbak?

Lesca Boma said...

iya betul Budhe...
Bingung... ;-p

Aku juga paling susah kalo disuruh nabung. Abis melulu, untungnya kalo abis tinggal minta lagi... :D

Laksono said...

iki arisan model ibu-ibu seng narik dilelang dhisik :D

Unknown said...

Maksudnya arisan kaya yang di Film Arisan ya, he....heee.....

danu doank said...

bukan dulu itu mah namanya arisan call ya bu?

Anonymous said...

wah, ini kayaknya masalah semua orang di dunia (kecuali warren buffet kali). nabung itu memang repot hehe sama repotnya dg memutuskan berhenti merokok. aku juga pernah ngincipi beberapa instrumen tabungan buk :D btw imele sampeyan opo? kirim2an imel yuk.

Anonymous said...

aku ki juga gak bisa nyimpen duit, tapi khok ya gak pernah tertarik arisan ya..hehe

Anonymous said...

ternyata arisan itu susah ya mbok?

sumpah.. saya benar2 ndak ngerti, ndak donk.. pass dehh

manler said...

enak yang terakhir dong ya..

*salamintiptetanggasebelah*

Anonymous said...

Kalau denger arisan, jadi terbayang yang agak gitu-2. Soalnya ada yang arisan untuk memenuhi kebutuhan sahwatnya, wah gile man.

Innuendo said...

sini duitnya titip aku aja...hehehe..aku termasuk orang yg pintar nyimpan uang. lumayan khan, ngebantu mempermudah apply visa keluar negeri hhehehe...

seumur umur aku gak pernah ikut arisan

wku said...

oh saya kira arisan itu cuma makan2 doank... soalnya kalo emak saya pulang arisan pasti bawa makanan.,..:)

Anonymous said...

Ra tau melu arisan aku, Mbakyu...
Nimbrung dong...
Sing limang ewu-nan ada gak? ;)

Unknown said...

Ibu saya bandar arisan piao... G enaknya kadang yg udah nge-piao g tertib bayarnya... Jd kadang sewaktu mw bayarin yg dapet arisan kadang telat... Harus memilih yg benar2 terpercaya,, selain dr individu jg secara finansial kita harus tahu anggotanya...

Unknown said...

ibu tolong jelasin lagi donq .. saya g ngerti ..

Unknown said...

ibu tolong jelasin lagi donq .. saya g ngerti ..

Unknown said...

Bandar apa bayar full atau ikut pyo dgn anggota lain yg blm pyo thx

Anonymous said...

ARISAN PIAW2AN INI SUDAH SEJAK LAMA HAMPIR PULUHAN TAHUN SAYA KENAL,ARISAN PIAE2AN INI SELAIN TUMBUH DUBUR DIKALANGAN CHINES JUGA BERKEMBANG BIAK DI KALANGAN PRIBUMI TERUTAMA DI PEMUKIMAN NELAYAN PANTURA KHUSUSNYA CIREBON. TIDAK ADA MAIN TIPU2 DALAM PRAKTEK ARUSAN INI. SEBAB SEMUANYA TERBUKA HANYA WAKTU KITA MENAWAR SAJA YANG TERTUTUP. ITU BISR DIMAKSUDKAN PENAWARAN KITA DALA MENGEPIAW TIDAK TERLIHAT ORANG LAIN, KARENA JIKA TERLIHAT OLEH ORANG LAIN MAKA ORANG LAIN AKAN MENGEPIAUW LEBIH BESAR DARI NOMINSL KITA. DEHINGGA PEMENANGNYA BUKAN KITA TAPI ORANG LAIN. DALAM HAL INI JUGA DIBUTUHKAN KESADARAN DAN KEJUJURAN DARI PARA PESERTA SENFITI BUKAN CUMA PENYELENGGARA. SEBAB APABILA BANYAK PESERTA YANG MALAS MEMBAYAR APALAGI BERHENTI SETELAH DIA MENDAPATKAN HAKNYA/ARISAN MSKA PEMEGANG UANG/PENYRLENGGARA BANYAK MENERIMA TUNTUTAN FIAKIBAYKAN KECULASAN PESERTA YANG LAIN. SEKALI LAGI ARISAN INI PADA DASARNYA TIDAK ADA UNSUR TIPU MENIPU. HANYA KESADARAN BERSAMALAH YANG HARUS DI KEDEPANKAN. SAYA PERNAH MENGALAMI DAN SERINGKALI MENGIKUTI PROGRAM ARISAN PIAW2AN INI. DAN HASILNYA APABILA SEMUA PESERTA SADAR,JUJUR DAN TIDAK CULAS MAKA ARISAN SEPERTI INI BISA MENJADI RUJUKAN BAGI MEREKA YANG TENGAH MEMBUTUHKAN DANA YANG MENDESAK. INGAT KUNCINYA SADAR,JUJUR DAN TIDAK CULAS.

Unknown said...

Gimana cara masuknya?