31 August 2007

Snack Jadul

Ada banyak nama untuk menyebut makanan ini: bipang, jipang, gipang bahkan ada yang menyebutnya brondong (wah nek sing iki pancen enak :D). Snack ini adalah favorit saya waktu masih kecil dulu selain arum manis dan permen. Rasanya manis dan renyah. Terbuat dari beras ketan (mungkin) yang diolah sedemikian rupa hingga berasnya mengembang berlipat2. Saya tidak tahu pasti ini makanan khas mana. Ada yang bilang ini makanan khas jawa timur tapi ada juga yang bilang ini makanan khas Banten.

Sempet nonton Discover China (ne gak salah) disana ternyata ada juga makanan ini. Cuma sayangnya saya telat nontonnya, jadi cuma sempat liat biji-biji bipang itu di aduk dalam gula karamel lalu di tuang dalam cetakan. Jadi penasaran gimana ya cara bikin biji2 beras itu bisa ngembang segede jagung. Enak kali ya kalo kita bisa menemukan varietas padi seperti itu. Ngga bakalan ada kelaparan di Indonesia. Lha berasnya aja segede itu. Untuk bikin nasi sebakul kita mungkin cuma butuh segenggam beras. Mosok yang gede-gede selalu datangnya dari Bangkok (meski konon katanya benihnya gak ada satupun yang dari Thailand). Nah timbang kangelan golek bekatul mending cari cara bikin padi varitas unggul sing iso segede biji bipang. Iso ra, Pi?

20 comments:

LadyElen said...

bipang bin jipang but bukan dr jepang itu pancen enak, apalagi buat yg ga punya gigi, diemut aja udah nyunyut :)

Anonymous said...

wah. saya paling suka tuh sama bipang. Dulu waktu kecil, kalau pagi2 nyokap lagi belanja sayur sama pedagang sayur gerobak, saya langsung nyari2 nih kudapan trus minta diambilin sama abang.

Pinkina said...

nang nggonku jenenge jipang budhe, biasane nangkring di keranjangnya penjual sayur keliling di kampungku sono hueheuhue...biasane enek gambare artis2 ngunu, trus digawe maen kwartet =)) jadul banget.......

Herru Suwandi said...

Wuikkkk adsense nya metu kabeh. Iso tuku sepeda la an huahahahah

Not hard feeling ya mbok de. Tapi emang tidak suka bipang. Mending tiwul daripada bipang.

Eh njaluk emailmu po o. Aku rodho gaptek gak iso nemu email mu.

ichal said...

kalo beras segede gitu, kasihan petani, manggul dari sawah ke t4 gilingan,,, kan berat!!!

Anang said...

berarti nek sesuatu sing mbangkok kui piye mbok?

Anonymous said...

wah..snack favoritku jg kuwi, klo disini dimodel bunder2.

Innuendo said...

masih ada toh camilan ini ?

lassadad said...

crito panganan terus
koq yo aku mbuka blogmu pas wayahe aku laper :-(

imyyuut said...

"Jadi penasaran gimana ya cara bikin biji2 beras itu bisa ngembang segede jagung"

lek carane mengembangkan krupuk rambak di dalam perut saya tau Bu Dhe... :P... tinggal di minumin air putih yang banyak waktu buka puasa.. apa lagi klo krupuknya gratisan... :DHehehehe... ;))Hihihihi...

dew said...

Pas aku cilik, kita iso nukerin botol bekas dengan jipang dan/atau brondong. :D

Anonymous said...

wah kalo sekarang udah jarang nemuin tuh makanan disini, udah jadi barang langka :D

Anonymous said...

he eh enak....supermarket jg ada

prasetyo said...

Tumbas ten pundi budeh?
Maleh kepengin...ada lagi seng dari jagung n karamelnya pake gula jawa di bentuk bunder". kalu di cakot kelet di gigi. Ono mboten budeh ten nggon jenengan???

amethys said...

dennn....klo perkara makanan satu ini aku ngga katro blas....di Canada sini namanya rice crispy, rasanya macam2,setiap toko jual makanan ini.....bahkan dibakery dimana aku kerja brondong beras ini jadi bahan cookies yg rasane eunakkk tenan..mo resepnya.....ntar tak tulise....hihihi namanya keyen : RANGER COOKIES....padahal bahane brondong

Anonymous said...

iyo!!
kui yo senenganku tekan saiki!!
kalo pulang ke tmpet mbah pasti nyari begituan di pasar!
satu lagi cemilan khas yang maknyos :
gethuk goreng!!
*sopo sing takon yo an*

Anonymous said...

ye opo to mak? awale crito bipang, la kok terus crito pari varietas bibit unggul?! sampeyan kerjo nang dinas pertanian po?! :D

aLe said...

mak nyus

Larasati said...

nggokku jenenge jipang. Dulu wektu mingsih kecil aku suka nyeng warna mpink, kalau abis makan trus mringis-mringis gumbira karena gigi, bibir plus lidah jadi merah...rasane apik ngono lho...

Unknown said...

Ha ha ag mau bikin turunan sneck dr jipang.;-)