20 February 2007

Mari mulai nguli berbisnis

foto diambil dari sini

Bukannya tidak percaya atau meremehkan buku-buku motivasi macam Rich Dad Poor Dad dan semacamnya, tapi karena saya selalu gagal berbisnis, saya jadi ogah membaca buku-buku beginian. Mending baca novel. Alasannya kita tidak bisa meniru kesuksesan seseorang (baca: nasib baik), yang bisa kita tiru cuma usahanya saja. Soal hasil itu sepenuhnya urusan Yang Di Atas. Masalahnya, ketika kita membaca buku-buku itu, harapan kita, hasil yang kita dapat dari usaha kita –dengan mengikuti petunjuk buku- akan sama atau paling tidak mendekati hasil yang dicontohkan dalam buku. Kenyataannya? 2 kali saya mencoba memraktekkan tips sukses berbisnis selalu saja gagal (baru dua kali udah keok he..he..).

Tapi buku karangan Lisa Rogak ini sempat membuat tangan saya meraihnya. Iseng aja. Di halaman daftar isi saya lihat satu persatu, barang kali ada pekerjaan yang tidak saya kenal. Tapi ternyata hampir semua jenis pekerjaan yang terteta di situ saya kenal, atau paling tidak dari judulnya saya bisa meraba. Ada 100 pilihan pekerjaan yang bisa anda pilih. Tiap-tiap pekerjaan dilengkapi dengan deskripsi, alasan mengapa pekerjaan ini layak dicoba, investasi yang dibutuhkan, informasi lebih lanjut ttg bisnis tsb. Kuncinya pilih pekerjaan yang 100% menyenangkan.

Mata saya lalu terhenti pada tulisan 'Tukang Bangunan' (hal 118).Wah ini pasti tukang bangunan yang ngga biasa, begitu pikir saya.

Saya buka halaman 118 dan inilah yang saya temui:

Tukang bangunan
Deskripsi bisnis: sebuah jasa di mana para pekerja menyusun batu untuk membuat tembok dan lantai
Ketrampilan yg dibutuhkan: ketahanan dan kekuatan fisik dan kecermatan penempatan dan detail.
Tukang banguan tenan jebule. Benar-benar tanpa resiko, paling banter kulit item karena terbakar.

Lalu saya kembali lagi ke halaman index. Ketemu ini: Membersihkan jendela (hal 90). Saya buka halamannya, sambil menduga-duga, jangan-jangan kayak tukang bangunan tadi. dan inilah yang saya temukan.

Membersihkan Jendela

Deskripsi Bisnis: tugasnya membersihkan jendela bagian luar dan dalam. Untuk kantor dan pemukiman.
Ketrampilan yang dibutuhkan: ketelitian, berorientasi kesempurnaan dan memiliki kekuatan dan yg pasti tidak takut ketinggian. (Bisnis ini bisa cepat menghasilkan dan tanpa resiko terutama kalau anda sendiri yang menjadi tenaga pembersihnya ).

Saya ndak melanjutkan membaca buku ini, pemiliknya sudah ada di depan saya sambil berkacak pinggang karena saya meminjamnya tanpa ijin he..he..










28 comments:

just Endang said...

hahahah....podho aku, nggolek bisnis ora ono sing keno...

NiLA Obsidian said...

kekekeke.....sama budhe....tipe pekerja sejati...ga bakat bisnis2 an.....nyoba berapa kaliii, ga tau untungnya dimana yg ada tekor truuss....

Anonymous said...

Pinjem dong...... !!!!!!

endik said...

tukang kukur

begitu banyak gatel gatel menimpa manusia dan tidak pandang waktu dengan kuantitas klien sak ndayak blejing.. pekerjaan ini menjadi salah satu potensi yang patut di coba
(investasi hampir tak ada, resiko tangan capek...)

Anonymous said...

ayukkk semangat...coba berbisnis lagiiii(durung entek2 an tho :D)

Anonymous said...

Kenapa ndak nyoba berbisnis dari dan lewat blog, Ning Dena? Ayo mulai dipikirken semenjak daripada sekarang.

Anonymous said...

Buku2 kayak gitu lagi laku..
Bukunya temenku kayak gitu jd best seller, walau penulisnya gak jadi seleb.

Anonymous said...

Tukang Insinyur

Nggak ada syarat apa2, udah itu aja

Iman Brotoseno said...

ada tukang filem nggak ?

angin-berbisik said...

pemiliknya sudah berkacak pinggang? lho, bukan di gramedia to mbak bacanya? trus dimana?

Anonymous said...

Insa Allah saya akan mulai berbisnis, mulai sekarang pelan-2 akan saya rintis bisnis yang saat ini baru di mulai.

Minta doanya ya Dhe, semoga bisnis ku maju dan berkembang, AMIN.

Manda La Mendol said...

Bisnis yang haram aja susah majunya apalagi yang halal !!!! *soale aku bisnis halal tekor terussss

Anonymous said...

bacaan'e asli aneh2 loh mbak iki.... kenapa ra moco tara cara tertib berlalu lintas wae to? :p

Anonymous said...

kreatif juga pilihan bisnisnya, di jaman susah sekarang??

Paling gak ada kriterianya untuk jadi tukang bangunan dan tukang bersihin jendela, gak semua orang bisa.

xixixi.. ? :p

Anonymous said...

bisnis apaan nih?

Anonymous said...

mbok yao dirimu ituh bisnis jualan lumpur bekas lapindo, kan banyak tuh perumahan di jakarta yg lagi ninggiin rumahnya, tertarik? :D

Larasati said...

de, mbisnis batu bata wae...
Modal: dengkul dan lumpur semuanya gratis. Resiko: klelep pas nyendoki lumpur... :D

Bangsari said...

opo sampeyan saiki nyambi nukang dan ngelap kaca? mbok mampir kosanku. aku tak melu sampeyan...

Anonymous said...

sampeyan nggak tuku bukune tah mbak? nyilih po'o :D

Innuendo said...

tukang bangunan di batam enggaq banget. kalo nyuruh bangun rumah, dijamin amburadul. wong aslinya tukang ojek semua. gak bisa nukang, hanya karena gak ada kerjan.

Anonymous said...

Tukang bangunan di kampung malah sebulannya bisa meraih Rp 1jt bersih, plus dua kali makan dan wedang snek sak cukupnya..."-)

Anonymous said...

soeda, djikaloe mahoe berniaga mangka iang paling haibat iaitoe niaga dengen apa kita orang poenja kasenengan. Kasenengan koweorang djelas noelis artikelen Van Blog. Bole kowe djadiken wang setjara moeda itoe, tjoeba Adsense van mbah goegle....

Ik sahadja idoep van AdSense...soeda bole nggoeja-ngoejoe tahie asoe...

Anonymous said...

ono ora yooo :)

mpokb said...

lha ya itu. bisnis jadi joki operasi pasar beras. modalnya tabah mengantre dan siap dikeroyok pengantre lain.. eh, jangan mbak.. :D

Ewi dan F3 (Fikri, Fira Faiz) said...

Ngayal deh... aku sering ngayal punya PH bisnis warnet dll realisasinya aku masih duduk di kursi yg sama

Anonymous said...

ga papa ah banyak baca buku bisnis, sapa tau nanti bisa bikin buku "cara berbisnis dari baca buku bisnis", ato rangkuman pengalaman berbisnis yang gagal", ato kalo banyak gagal ya bikin buku ato konsultan "belajar dari kegagalan bisnis", ato cara menyusun rencana bisnis (biasanya kita kan pinter tuh bikin rencana hehehe)...

Ada buaaaaaaaaaaaaanyak cara bisnis di dunia ini..

eh iya yang belum ada tuh cara ngasilin duit lewat blog belum ada bukunya tuh...

Yusuf Alam Romadhon said...

budhe ini wonge lucu tenan... sampek aku terus ketagihan mampir...lho mbak yu..
bisnis opo ya? aku tadi dari Gramedia ngeliyat ada buku Blog Marketing..
sayang pas lagi bokek...jadine ndak bisa beli... lain kali pas tajir ae tak tuku..
tapi ngomong2 sopo ya sing mo nulis buku...bisnis dari buku blog marketing ya...
nggak lucu ya? babar blas mas
yo wis... udah ya selak diseneni sing ono omah... wis mbak yu ya
kapan2 mampir lagi...

Anonymous said...

bisnis thokolan bin toge saja. Modal cuma kacang ijo, disirami dua malam jadi duit...