25 December 2006

NGISIN-NGISINIIIII

Meskipun sudah berulangkali dirugikan oleh sikap ceroboh saya, tapi saya tetap tidak pernah kapok bersikap ceroboh, menganggap remeh sesuatu. Yang terakhir saya alami hari Sabtu kemarin. Teman saya menikah. Undangannya sudah saya terima kira-kira 5 hari sebelumnya. Setelah saya lihat tanggal, jam dan tempatnya, saya tutup undangan itu dan membiarkannya tergeletak di meja bercampur dengan koran dan majalah.

Ketika tiba hari H, tanpa melihat lagi undangan yang sudah tenggelam di tumpukan koran dan majalah, kami langsung berangkat menuju pesta. Begitu sampai di sana, saya langsung mengisi buku tamu memasukkan amplop ke dalam rumah-rumahan (mboh opo jenenge iku), lalu melangkah masuk gedung. Tapi di ambang pintu saya jadi ragu, nama pengantin yang ditempel di pintu kok bukan nama temanku ya? Lalu saya kembali lagi ke mbak-mbak penerima tamu tadi. Saya tanyakan nama lengkap pengantinnya. Ternyata nama yang disebutkan mbak itu bukan nama yang kukenal. Segera saya teringat sebaris kata yang tertera di undangan teman saya, tempat: Pool Side. Ya, tempatnya di pool side bukan di dalam gedung. Waduh gimana nih, amplopnya sudah kadung dimasukkan ke rumah-rumahan itu. Diminta lagi, ngga ya? Saya bingung.

*)Daripada malu akhirnya saya masuk aja ke dalam, bergabung dengan tamu-tamu yang lain dan berlagak pilon. Dalam hati saya berucap: wah gimana nih, ngga jadi dateng ke pesta temenku dong. Lha wong amplope cuma siji. Mosok yo di lobokno mudho ngono, gak atek amplop. Sambil makan, saya mikir buat nyari amplop ato apa aja yg bisa buat mbungkus duit. Untungnya waiternya ada yg baik, saya di berinya amplop satu. jadinya, hari itu saya buwu ke 2 tempat. Waduuuh tanggal tuweeekkk, tambah entek duitku..
(iki versi mbujuk)

(yang ini versi non fiksi)

Untungnya ada perempuan sepuh (mungkin kerabat sang pengantin) yang menangkap kebingungan saya. Katanya:

+ Kenapa mbak?
- Hhhmmm anu ..saya salah, Bu. Pesta teman saya ternyata di pool side, bukan disini. Maaf..
+ Oooh mboten nopo-nopo, diambil saja lagi. Ndak pa-pa..
- Trimakasih bu, maaf…


Lalu dengan muka agak ditekuk, mbak penerima tamu tadi membuka rumah-rumahan tadi dan mengambil amplop saya..(untuuung ada ibu itu, coba kalo ngga, rugi dooong gueee he..he..). Untunge omah-omahan iku gak dikunci (soalnya biasanya kan dikunci dan kuncinya dibawa yang punya hajat). Untungnya lagi tamu yang datang bersama saya tidak banyak jadi mbak penerima tamu itu masih mau mencarikan amplop saya sing isine duit dollar (hehe sing iki mbujuk ). Untungnya (maneh), amplopnya saya kasih nama di luar, biasanya saya masukkan kartu nama di dalamnya, tapi berhubung kartunama lagi habis, akhirnya identitas saya tulis di luar. Untung yang berikutnya adalah saya belum makan jadi ndak malu ngambil amplop saya lagi (ndak malu apa ndak punya malu? hihihi..Lapo isin wong aku gak korupsi kok, gak ngrampok kok, sing korupsi ae malah gak isin blas.. he..he.. bela diri kiii, padahal asline peliiiitt).

21 comments:

Anonymous said...

Weh ladalah... pengalaman yang sangat berharga budhe, untung saya jarang mendatangin resepsi di tempat semacam itu. Maklum tinggalnya di desa (tepatnya ditengah hutan kalimantan) Jadi tidak akan pernah bingung soal dimana undangan semacam itu dilaksanakan. Lagian hampir semua orang kita kenal.

Anonymous said...

=)) =)) =))
Wuakakakaka... Xixixix Huehehehehe.. Hahahaha.....

Anonymous said...

duh...aku kog melu2 nekuk muka yu hahahahahah, mesti nganggo abang ireng barang ki =))

elly.s said...

Dear Budhe: whua whua whua...kebayang deh Bude...
tapi bener kenapa jg harus malu...nggak kenal ini ah bude ya....Btw isi amplopnya berapa sih budhe he he he...kok bude panik banget ....

Anonymous said...

Hua...hahaha...

Budheee....kok ya bisa kejadian begituuu...huahahaha

Anonymous said...

mbak,

kalau pengalamanku justru begini: kondangan ke orang yang aku nggak kenal samasekali.
tapi aku pilih-pilih: yang agak mewah, sebab makanannya tentu enak-enak.

hehe, nggak mungkin diusir, toh?

Anonymous said...

Haloo Mbok Dee.. salam Kenal Ki mbahmu.. Aq denger ceritamu..ki Yo ngguyu yo mesake..yo kudu..langsung tak protes..tapi yo piyeneh tetep tak baca sampai selesai..

Nek simbah... senng kayak gitu..Kalua sadr ya makan dulu..Minum janggong terus baru bilang sama ibune . Bu Lali.. je salah Omah..Piyee..

Amplopku ditrafer wae yaa.. isin arep bongkar-bongkar saiki,,

amethys said...

he he he....koq bisa sih bude? emang sak nggon ono resepsi pirang iji? ngguyu aku...waaa saiki usume amplop yo bude? ora bungkusan kado maneh?..mugo2 dudu fikun yo bude???

angin-berbisik said...

budhe ki kepriben to..kok iso salah hehehe, wah tenan yo si Ibu tadi mau mbukain rumah2an itu? baik hati bener...hehehe

. said...

Mbo' De! dek ngarepan lak ono wit2tan, menek'o jupuk'en godhonge, gaween amplop, lak mari ta! nek ditakoni kok amplope godhong, jawaben: "lagi Back to nature". tapi yo pancene kudu kuat isin se!

Ngisin-ngisini
postinganne pean hari2 terakhir ini kok lucu2/banyol yo, alamat iki!

Anonymous said...

keh keh keh.. wuahahahahahahah
budhe ambil amplopnya setelah makan pasti. wah makannya dobel... sengaja ini... wuahahahaha

Laksono said...

walo salah tapi tetep PD toh budhe...hehe..

Anonymous said...

hahaha.. pokoke PD wae, Budhe (PD=Penting nDableg).

Daripada salah nyemplung gitu, mending dikirim ke tempatku, buwat beli pisang, xixixi... :P

Chaerani said...

hihihi .... lucu .... kebayang deh

endik said...

ora popo budhe... ora kenal wae kok.. sok neh yo ra bakal ketemu.. yo

sak jane sisanke jipuk dhaharan karo foto foto karo manten ne.. souvenire jipuk sing akeh.. yen perlu karaokenan sisan mumpung ono orjen tunggal.. lumayan kuwi..

Anonymous said...

@helgeduelbeg: sing bener, pengalaman yang sangat memalukan hihi..

@kadang: kikikik..kakakak...

@kenny: abang ijo kuning, wah wes poko'e lengkap.. mejikuhibiniu hihihi..

@elly.s: isinya duit dollar gambar Osama Bin Laden hehe..

@amalia: iya, aku jg bingung. Kok bisa ya? Soalnya ngga ngeliat dulu siiih..

@sahrudin: wah penak tenan kui. Iso mangan-mangan gratis. Dan kenalan karo cewek-cewe opo kui istilahe? Borju? he..he..

@mbah keman: salam kenal juga mbah. Wah tamu sing liyane durung ono sing mangan jee, Mbah. Lha wong mantene durung teko? Mengko wae, ngajak Mbah, trus macak kliru maneh he..he..

@amethys: ono dua pesta he..he.. pestane koncoku ning mburi. Aku gak ndelok umbul-umbule. :))

@angin berbisik: iya, ibu itu baek bener. Ngerti nek aku kere he..he..

@.: wah, nek dibungkus godhong gedhang, ngko dikiro lemper mas? Alamat opo iki? Jadi penasaran..

@jt: halah, mbales yooo.. Iki tenan, gak sengaja. Sumprit. Aku isin tenan ki..

@laksono: PD? Yo terpaksa, wong gak duwe duit maneh...

@dirac: wes gampang, mengko tak kirim (tapi amplope thok he..he..)

@chaerani: buat saya itu namanya tragicomedy..hiks..

@kawulo alit: wakakakak..komen mu lucu le.. Mengko tak jak manggung yoo nek ono tanggapan kikikikik...

NiLA Obsidian said...

hahahaha....

lutju tenan....jeng...
kebanyang ekspresimu ketika tau salah kamar....hahahaha

apa kabar jeng?
met tahun baru...
semangat baru ya...!

Anonymous said...

Pengalaman seru yang bikin mba ga bakal lupa sama temen yg satu itu...;)

Anonymous said...

Sekedar info yo dhe.
Dhe blog sampean ini kok bisa cepet saya akses, sementara yg lainnya gak iso blas.

Anonymous said...

Saya benar2 ketawa membaca postingan ini. Kok ada ya kejadian seperti ini....

btw, sudah makan belum mba di acara kawinan tersebut. Kalau sudah tidak selayaknya uang itu di ambil lagi...

Halah mba, ngisi-ngisini wae...

Salam kenal yo

Abah Ruli said...

Bude emang kaga mo rugi itu "Ampau" di ambil lagi ce..cek. padahal makannya pasti sdh 2 bakul?..he...he..nice story