06 October 2006

MENGAPA HAMBURGER DISEBUT HAMBURGER MESKI TANPA HAM? '



Bukannya mau nyaingin Manda, tapi karena hanya ini yang saya dapatkan pagi ini yang layak untuk saya bagikan di blog (paling tidak menurut ukuran saya).

Sambil mencari bahan untuk siaran tiba-tiba saya menemukan sesuatu yang baru buat saya. Ini hasil terjemahan kasarnya, mohon maaf kalau ada yang salah, karena les bahasa Inggrisnya di les-les-an lokal yang gurunya bukan native speaker.

Dalam perjalanannya ke Asia di awal th 1800-an, seorang saudagar Jerman mengaku pernah menyaksikan para perantau suku Tartar melunakkan daging dengan meletakkannya di bawah pelana kuda tunggangan. Gerakan kuda membuat daging jadi tercacah. Orang-orang Tartar lantas mengumpulkan daging yg tercacah ini, memberinya bumbu lalu dimakan terntu saja.

Ide daging sapi yg tercacah-cacah ini kemudian dibawa pulang ke kota asal sang saudagar tadi di Hamburg. Di sana para koki biasanya memanggang dan menyebutnya sebagai daging Hamburg. Kemudian para imigran Jerman memperkenalkan resep daging yang dicacah ini ke AS.

Istilah Hamburger diyakini sudah muncul pada tahun 1834 di menu restoran Delmonica di New York. Tidak ada catatan tertulis ttg resep hamburger ini yang tertinggal. Penyebutan pertama secara tertulis berbunyi Hamburger Steak terjadi pada th 1884 di media Boston Evening Journal. Produksi hamburger sebagaimana saat ini, pertama kali dilakukan oleh Chalice Nagleen dari Seymour WI. Kemudian pada tahun 1885, Nagleen memperkenalkan hamburger Amerika pada pameran Outgamie County Fair di Seymour. Sampai saat ini Seymour dikenal sebagai pusat habmurger dunia. Meski begitu, ada klaim lain yg menyebut bahwa hamburger modern bukan dari Seymour. Ada catatan, bahwa Frank & Charles Menches th 1885 ikut di sebuah pameran di daerah bernama Hamburg di New York dan menjual sandwich sosis dari daging babi. Tapi karena di pasar daging lokal tidak ada sosis babi, mereka lantas menggunakan daging sapi. Jadilah kemudian sebuah hamburger lain yg berbeda dari sebelumnya.

Catatan Pertama penyajian daging pada roti yg mirip hamburger seperti yg kita kenal sekarang ini terjadi pada th 1904 di pameran St Louis World Fair. Tapi beberapa tahun kemudian, tepatnya th 1921, seorang juru masak dari Wichita, Kansas, bernama Walt Anderson memperkenalkan konsep restoran hamburger. Dia berhasil meyakinkan penyandang dana Billy Ingram untuk menginvestasikan sekitar 700 dollar AS untuk membuat jaringan restoran hamburger bernama The White Castle. Dan resto itu cepat sekali berkembang. Sekarang, kalau kita bicara hamburger pasti Mc Donald. Dan tidak satupun hamburger saat ini yang berisi daging babi, karena memang hamburger tidak pernah dirancang untuk disi daging babi sejak pertama kali diciptakan. Daging hamburger biasanya terdiri dari 70-80% daging sapi, lemak dan bumbu2.

5 comments:

Manda La Mendol said...

Soal Shoutbox,wah sudah ada terjemahan bahasa Indonesia, trus mo dikirim ke mana ?

Anonymous said...

Waduhhh pusing... ngapain juga mikirin history humberger. Khan tinggal lep, enak & bikin gemuk lagi. Tinggal lep, tinggal lep, tinggal lep.

Anonymous said...

nyam nyam....nyam...plook(burger e jatuh)

Anonymous said...

hmmm... apa gw yang lemot atao emang intinya ga jelas, yak? pertanyaan intinya blom kejawab...Kenapa disebut hamburger? :)

Anonymous said...

hmmm... apa gw yang lemot atao emang intinya ga jelas, yak? pertanyaan intinya blom kejawab...Kenapa disebut hamburger? :)